Rabu, 17 Juni 2015

Resep Es Krim Vanila Yang Enak dan Lembut

Resep Es Krim Vanila - Siapa sih yang gak pernah makan hidangan lezat yang namanya es krim? pastinya sudah pada pernahkan?. Es krim adalah sebuah hidangan yang teksturnya lembut dengan rasanya yang enak dan biasanya disajikan pada kondisi yang dingin.

Es krim sendiri itu ada banyak sekali variannya lho temen-temen. Varian tersebut berdasarkan dari rasa yang dihasilkan oleh es krim itu sendiri. Ada es krim rasa coklat, vanila, alpukat, strawberry dll. Mengingat varian untuk hidangan dingin ini cukup banyak, maka pada kesempatan kali ini kita akan bahas soal  es krim yang rasanya vanilla saja ya.

Sama seperti es krim yang lainnya, es krim vanilla ini banyak sekali yang suka. Dari mulai anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Tapi kalau ditanya mana yang paling banyak, ya jawabannya tentu anak-anak. Anak-anak sangat suka sekali dengan es krim ini dikarenakan rasanya yang enak dan dingin serta lembut saat di lidah.

Mengingat karena yang suka adalah anak-anak, tidak heran jika es krim ini banyak sekali yang jual dan terkadang ibu-ibu pun juga kerap membuatkan nya untuk para buah hatinya. Setidaknya dari pada mereka jajan makanan ataupun minuman yang mungkin kurang sehat.

Resep Es Krim Vanila
Es Krim Vanila
Nah, jika temen-temen mungkin ada yang tertarik untuk membuat es krim vanila ini. Sebaiknya, temen-temen baca lah dulu resep dan juga gimana cara untuk membuatnya yang sudah saya cantumkan di bawah ini.


Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan antara lain:
  • 1000 ml susu cair
  • 200 gram gula pasir
  • 4 butir telur ayam, pecahkan lalu ambil bagian kuning telurnya saja kemudian di kocok
  • 15 gram tepung maizena
  • 1 sendok teh vanilli
    Cara membuat es krim vanilla yaitu:
    1. Campurkan susu dengan gula pasir pada sebuah panci, kemudian masak sampai mendidih sambil diaduk-aduk.
    2. Setelah itu, ambil sedikit adonan susu tadi lalu campur dengan tepung maizena. Kemudian, ambil lagi sedikit adonan susu tadi, lalu campurkan ke dalam kocokan telur (ini berguna agar telur nantinya tidak akan matang saat dicampur kedalam adonan susu panas)
    3. Setelah tepung maizenanya telah tercampur rata dengan sedikit adonan susu, Kemudian tuangkan ke dalam adonan susu yang utama, aduk-aduk sampai merata dan angkat.
    4. Tambahkan vanilli ke dalam adonan tadi, aduk rata.
    5. Berikutnya ambil sehelai kain tipis dan wadah yang terbuat dari alumunium. Dengan menggunakan kain tipis, saringlah adonan tadi dan tampung kedalam wadah alumunium. Wadah alumumunium di pilih agar supaya nanti es krimnya bisa cepat membeku.
    6. Setelah itu, ambil kocokan telur yang sebelumnya telah dicampur dengan susu kedalamnya. Sedikit-sedikit saja memasukkannya sambil diaduk-aduk biar bisa tercampur merata.
    7. Diamkan sebentar adonan supaya agak dingin. Setelah itu baru deh dimasukkan ke dalam lemari es / lemari pendingin.
    8. Oh ya, meski sudah dimasukkan ke dalam es tidak berarti semuanya sudah selesai, soalnya masih ada hal yang perlu untuk dilakukan supaya hasilnya nanti bagus. Hal tersebut ialah pada saat adonan tadi mulai membeku bagian atasnya, segera buruan ambil mixer, kemudian kocok dengan mixer adonan tersebut. Lakukan hal ini berulang kali sampai 3 kali ya temen-temen. Ini bertujuan agar es krimnya nanti bisa halus dan lembut.
    Demikian ulasan singkat mengenai bagaimana sih resep dan juga cara untuk membuat es krim atau istilah kerennya ice cream rasa vanila yang enak dan juga lembut. Terima kasih banyak sudah mengunjungi blog ini, selamat mencoba dan semoga berhasil & sesuai dengan apa yang temen-temen semua inginkan.