Minggu, 07 Juni 2015

Resep Kue Putri Ayu Kukus Yang Lembut dan Enak

Resep Kue Putri Ayu Kukus - Masih ingat gak dengan kue tradisional yang satu ini?. Kue ini dahulu banyak loh dicari dan disukai oleh masyarakat. Dengan teksturnya yang lembut dan empuk serta dengan bau yang wangi dan harum serta rasanya yang enak, kue ini telah memikat hati banyak orang untuk bisa mencicipi kelezatannya.

Tidak hanya itu saja, dengan banderol harga jual yang relatif murah, kue ini bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat. Kue ini kerap di jual atau dijajakan di pasar sehingga terkadang kue ini di sebut sebagai jajanan pasar.

Baca Juga : Resep Kue Putri Ayu Pelangi Empuk dan Enak

Kue putri ayu kukus ini bisa dibilang sudah langka loh temen-temen untuk zaman sekarang ini. Selain karena pembuatnya sekarang sudah semakin sedikit, juga disebabkan karena kue ini kalah alias kurang mampu bersaing dengan kue-kue modern saat ini. Namun meski begitu, sekarang telah banyak pengusaha kue ini yang mulai bangkit dan menawarkan kreasi baru untuk kue basah ini.

Resep Kue Putri Ayu Kukus
Kue Putri Ayu Kukus
Kue yang aslinya berasal dari jawa tengah ini, bisa loh dibuat sendiri di rumah. Tak percaya? coba aja. Di bawah ini telah ada loh resep untuk membuat kue putri ayu ini. Dan tidak lupa disertai juga dengan pedoman cara pembuatan yang sederhana dan mudah untuk temen-temen pahami.



Bahan-bahan:
  • 150 gram tepung terigu
  • 200 ml santan kelapa
  • 200 gram gula pasir
  • 100 gram kelapa muda parut
  • 2 butir telur ayam
  • Garam secukupnya
  • Pasta pandan secukupnya (untuk buat warna hijau nantinya)
Cara membuat kue putri ayu kukus adalah:
  1. Pertama-tama, siapkan wadah lalu masukkan kedalamnya telur ayam dan gula pasir. lalu kocok sampai kental dan mengembang. Setelah itu masukkan tepung terigu dan aduk sampai merata.
  2. Tuangkan santan kelapa sedikit-sedikit secara bertahap, lakukan sambil di aduk-aduk.
  3. Setelah itu masukkan pasta pandan, lantas aduk-aduk kembali.
  4. Ambil cetakan untuk membuat kue putri ayu. Jangan lupa olesi dulu dengan margarin atau minyak agar nanti hasilnya tidak lengket.
  5. Pertama masukkan ke dalam cetakannya kelapa parut ( banyak sedikitnya tergantung selera) jangan lupa tekan-tekan agar hasilnya padat.
  6. Setelah itu, tuang adonan kue putri ayu tadi kedalamnya. Memasukkanya jangan sampai penuh sekitar 3/4 cetakan saja, soalnya nantinya akan mengembang.
  7. Tahap berikutnya kukus kurang lebih sekitar 20 menitan dengan menggunakan api sedang sampai matang.
  8. Setelah matang, angkat da siap untuk disajikan.
Kue ini sangat cocok dijadikan sebagai teman pelengkap saat menghabiskan waktu bersama dengan keluarga tercinta. Oh ya, sampai lupa, terkadang kita melihat kue putri ayu ini dengan warna lain bukan hijau, seperti coklat atau yang lainnya. Ya memang sih, seiring dengan perkembangannya kue ini telah banyak dikreasikan. Selain buat memikat para konsumen, hal ini juga dimaksudkan agar kue ini tidak semakin menghilang akibat telah banyaknya kue-kue modern saat ini.

Jika temen-temen pengen ikutan mengubah warnanya mudah saja, yakni tinggal menghilangkan pasta pandannya lalu kemudian diganti dengan pewarna makanan yang anda inginkan. Biar lebih tahu soal kue, ada baiknya temen-temen baca juga artikel lainnya seperti resep bolu pisang kukus.Terima kasih banyak telah berkunjung dan membaca artikel yang ada di blog ini. Baiklah selamat mencoba dan semoga berhasil sesuai dengan keinginan!.