Senin, 29 Agustus 2016

Resep Puding Telor Ceplok Enak dan Kenyal

Resep Puding Telor Ceplok - Saat ini ada banyak sekali kreasi masakan yang enak-enak dan juga  lezat-lezat. Salah satunya adalah puding telor ceplok. Selain enak, kuliner satu ini juga cocok sekali untuk dijadikan cemilan bagi buah hati. Setidaknya biar mereka makan makanan yang sehat tidak hanya junk food saja.

Meski namanya puding telor ceplok, namun puding ini tak memakai bahan telur sama sekali dalam proses pembuatannya. Namanya sendiri merujuk pada tampilannya yang mirip sekali dengan telor ceplok atau mata sapi yakni ada warna putih serta warna kuning. Bahkan ada juga orang yang saat melihat nya itu beranggapan itu adalah telur ceplok padahal aslinya bukan.

Resep Puding Telor Ceplok
Puding Telor Ceplok
 Layaknya puding pada umumnya, puding telor ceplok ini memakai bahan utama berupa agar-agar bubuk. Untuk yang digunakan bisa apa saja, misalkan nutrijel, swallow atau pun yang lain. Untuk warna kuning di resep buletinresep ini pakainya agar-agar warna kuning serta pewarna makanan, tapi ada juga yang menggantinya dengan nutrisari. Kalau untuk warna putih dari agar-agar putih.

Puding telor ceplok ini banyak sekali yang suka. Dari anak-anak bahkan orang dewasa. Dan saking populernya banyak orang menjadikan makanan ini sebagai ladang bisnis ( usaha). Baiklah langsung saja berikut resep puding telor ceplok beserta cara pembuatannya yang mudah dan gampang khusus bagi anda semua.

Resep Puding Telor Ceplok

Bahan pertama :
  • 1 bungkus agar-agar bubuk warna kuning ( mau swallow, nutrijell atau yang lain terserah, sesuai selera saja)
  • Larutan susu bubuk ( dari 1 sendok makan susu bubuk dilarutkan dengan air panas secukupnya)
  • 400 ml air bersih
  • 50 gram gula pasir halus
  • 3 tetes pewarna makanan warna kuning
Bahan kedua :
  • 1 bungkus agar-agar bubuk warna putih ( mau swallow, nutrijell atau yang lain terserah, sesuai selera saja)
  • 1/2 kaleng susu kental manis
  • 800 ml air bersih 
  • 4 sendok gula pasir putih
Alat penting:
  • Panci
  • Kompor
  • Cetakan apem 
  • Cup plastik
Cara membuat puding telor ceplok :
  1. Pertama kita buat bagian yang kuning, caranya masukkan agar-agar bubuk, pewarna kuning, gula pasir serta air kedalam satu buah panci rebus.
  2. Setelah itu masak / rebus dengan menggunakan api sedang sampai mendidih sambil di aduk - aduk perlahan.
  3. Jika sudah, matikan api sebelum diangkat masukkan larutan susu bubuk dan aduk sampai merata.
  4. Kemudian tuangkan adonan agar-agar ke dalam cetakan apem. Menuangnya jangan sampai penuh, cukup setengah bagian saja supaya hasilnya nanti tipis mirip dengan kuning telur. Diamkan sampai dingin dan mengeras ( lakukan sampai selesai ). Sisihkan dahulu
  5. OK, berikutnya buat bagian yang putih, caranya : Masukkan agar-agar bubuk, gula pasir serta air kedalam panci. Lalu rebus sampai mendidih sambil diaduk-aduk perlahan.
  6. Matikan apinya, lalu sebelum diangkat masukkan susu kental manis dan aduk-aduk lagi sampai merata.
  7. Siapkan cup plastik berbentuk bulat lalu isi dengan adonan agar-agar putih. Diamkan sampai setengah mengeras ( beku ).
  8. Ambil agar-agar kuning yang sebelumnya sudah dibuat dan letakkan diatas agar-agar putih. Lakukan sampai semuanya selesai. Dan tinggal diamkan saja sampai benar-benar mengeras ( beku).
  9. Puding telor ceplok enak dan kenyal serta ekonomis pun siap untuk dinikmati.
Demikian resep dan cara membuat puding telor ceplok yang enak serta kenyal. Temukan lagi resep makanan nikmat lainnya hanya di http://buletinresep.blogspot.com ini. Terima kasih banyak untuk kalian yang sudah mampir dan selamat untuk mencobanya!.