Minggu, 20 November 2016

Resep Kue Putu Ayu Gula Merah Manis dan Lembut

Resep Kue Putu Ayu Gula Merah - Masyarakat indonesia pastinya sudah tahu betul dengan kue putu ayu atau di lain daerah disebut juga dengan putri ayu. Kue ini sebenarnya sudah lama ada dan mungkin saja sudah ada sejak waktu nenek atau kakek kita sekarang ini itu masih pada sangat kecil. Punya bentuk yang terbilang menarik meskipun masuk dalam kategori kue basah tradisional.

Sebagai kue tradisional, kue ini punya banyak peminat dan saat ini kue putu ayu ini punya banyak variasi rasa, salah satunya adalah kue putu ayu gula merah. Seperti namanya, yang membedakan nya dengan kue putu ayu biasa alias original adalah pemakaian gula merah yang membuat rasanya makin manis dan legit. Tak cuma itu saja, tampilannya juga beda yang coklat.

Resep Kue Putu Ayu Gula Merah
Kue Putu Ayu Gula Merah
 Layaknya kue putu ayu yang lain, putu ayu gula merah masih pakai kelapa parut. Mungkin memang adanya kelapa parut ini merupakan ciri khas dari kue putu ayu / putri ayu makannya meski rasanya sudah bervariasi namun untuk kelapa parut ini masihlah tetap dipertahankan. Kalau mau makan bisa beli di pasar tradisional dengan harga yang relatif terjangkau.

Sebagian orang tentu sudah pada tahu bahwa membuat kue putu ayu / putri ayu tidaklah terlalu sulit. Nah sama halnya dengan kue putu ayu gula merah ini. Cara membuatnya sederhana dan juga mudah. Kalau kalian berminat membuat kue putu ayu ini silahkan langsung simak saja resep dan cara membuatnya yang sudah disediakan di bawah ini.

Baca Juga : Resep Kue Putri Ayu Pelangi Enak dan Empuk

Resep Kue Putu Ayu Gula Merah

Bahan-bahan:
  • 200 gram tepung terigu
  • 200 ml santan kelapa
  • 150 gram gula merah, iris atau sisir halus
  • 2 butir telur ayam
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh TBM ( pengemulsi ), merek koepoe koepoe
  • 1/2 butir kelapa yang agak tua, lalu parut saja
  • Garam dapur secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Cara membuat kue putu ayu gula merah manis dan lembut yakni:
  1. Langkah pertama yang mesti dilakukan adalah, campurkan kelapa parut dengan garam dapur secukupnya. Setelah tercampur rata, kukus di panci kukus. Mengukusnya sebentar saja, lalu angkat dan sisihkan dahulu.
  2. Masukkan telur ayam, gula pasir dan gula merah serta TBM ( pengemulsi ) ke dalam satu buah wadah/baskom. Selanjutnya aduk saja dengan mixer sampai adonan tersebut mengembang dan juga kaku.
  3. Kemudian kalian tambahkan tepung terigu, aduk-aduk. Masukkan santan kelapa lalu aduk-aduk kembali. 
  4. Siapkan cetakan kue putu ayu. Olesi permukaannya dengan minyak goreng supaya nanti tidak lengket kalau sudah matang. Selanjutnya, masukkan kelapa parut yang dikukus sebelumnya ke dalam cetakan. Agak tekan-tekan supaya jadi padat. Baru kemudian tuangkan adonan kue putu ayu gula merahnya.
  5. Panaskan panci kukusan, setelah sudah panas tata kue putu ayu didalam kukusan. Lalu kukus selama kurang lebih 10 menitan.
  6. Angkat dan biarkan dulu hingga agak dingin. Kue putu ayu gula merah pun siap dinikmati.
Demikian resep dan cara membuat kue putu ayu / putri ayu gula merah yang rasanya itu manis dan teksturnya lembut. Jangan lupa baca artikel resep masakan lainnya hanya di blog buletinresep ini kawan. Sampai ketemu lagi di artikel resep berikutnya.