Minggu, 08 Januari 2017

Resep Bumbu Gado Gado Ulek Enak Ala Jawa Timur

Resep Bumbu Gado Gado - Gado gado pasti banyak dari kalian yang sudah tahu tentang kuliner satu ini. Makanan ini masuk dalam kuliner tradisional dan merupakan masakan asli indonesia. Makanan ini banyak yang jual, jadi kalau kita mau cari makan ini makanan itu cenderung mudah sekali. Harga per porsinya pun dibanderol dengan harga yang murah dan juga terjangkau sekali.

Gado gado itu mirip dengan masakan pecel. Namun beda dengan bahan dan sayuran yang digunakan. Kalau punya nya gado gado itu cenderung lebih banyak dan beraneka ragam. Rasa makanan ini enak dan cenderung gurih karena pakai banyak macam sayuran. Ngomongin soal enak dan lezatnya gado gado ini, apa kalian tahu apa rahasianya?.

Ya, tepat sekali, itu karena bumbu yang digunakan. Bumbu gado gado berperan sangat penting menentukan rasa dari gado gado itu sendiri. Selain sayuran dan bahan yang mesti fresh dan segar. Bumbu ini lah yang menentukan apakah gado gado itu jadi manis, pedas, asin atau yang lainnya. Namun yang pasti mau sih hasilnya jadi enak dan juga nendang.

Resep Bumbu Gado Gado
Ilustrasi Bumbu Gado Gado
Bumbu gado gado sendiri kalau zaman dulu termasuk rahasia dan cuma diketahui oleh beberapa orang saja. Namun untuk zaman modern seperti sekarang ini, resep bumbu balado sudah bukan rahasia lagi. Banyak orang sudah pada mengetahuinya. Dan karena alasan inilah maka sekarang banyak orang yang kemudian membuka bisnis jualan gado gado.

Untuk membuat bumbu gado gado yang mantap, usahakan bahannya itu bagus karena kalau tak bagus bisa jadi nanti rasanya tak enak seperti yang diharapkan. Kemudian perlu juga diperhatikan alat yang digunakan. Kalau mau sedap pakailah ulek an tradisional untuk menghaluskan bahan untuk bumbu gado gado. Baiklah untuk tahu resep bumbu gado gado serta cara membuatnya, simak saja infonya berikut ini.

Bahan utama:
  • 1/4 kg kacang tanah sangrai, haluskan
  • 1/2 liter santan kelapa
  • 50 gram gula merah, sisir kasar
  • 4 buah cabai merah, haluskan
  • 5 siung bawang putih, haluskan saja
  • 5 lembar daun jeruk purut, cuci pakai air
  • 3 sendok makan air asam jawa
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 1 sendok teh garam dapur
 Cara membuat bumbu gado gado :
  1. Langkah pertama, panaskan minyak sayur. Setelah itu masukkan cabai, bawang putih dan daun jeruk. Tumis sampai harum.
  2. Setelah itu masukkan santan kelapa dan juga kacang tanah. Aduk-aduk dan masak sampai mendidih.
  3. Tambahkan air asam jawa, garam dapur serta gula merah. Masak sampai gula merahnya itu larut. Setelah itu matikan api dan angkat.
  4. Bumbu gado gado pun sudah jadi dan siap untuk digunakan.
Jangan lupa untuk terus simak artikel resep masakan hanya di http://buletinresep.blogspot.com saja.