Minggu, 04 September 2016

Resep Peyek Udang Enak dan Renyah

Resep Peyek Udang - Mau makan tapi sibuk dan bingung lauknya apa? tenang jangan khawatir kalian ada satu lauk yang simple dan sederhana sekali & yang terpenting kalian bisa membuatnya dengan sangat mudah. Peyek udang itulah makanannya. Merupakan kudapan yang tak asing lagi ditelinga kita dan masyarakat indonesia kerap mengkonsumsinya.

Baca Juga : Resep Peyek Teri Renyah dan Gurih

Makanan ini biasanya selain menjadi lauk utama, juga kerap menjadi bahan pendamping. Misalkan saja kalau kita jajan nasi pecel atau pun nasi tahu telur. Pasti ada peyek udang ini. Dan katanya sih kalau gak ada rasanya jadi ada yang kurang. Makanan ini agak mirip dengan peyek kacang namun bedanya peyek udang pakainya udang bukannya kacang.

Resep Peyek Udang
Ilustrasi Peyek Udang
Peyek udang punya rasa yang enak dan renyah. Tak hanya itu makanan ini juga awet dan tahan laam. Jika bisa menyimpannya dengan sangat baik, makanan ini bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama. Makanan ini menggunakan udang sebagai bahan utamanya, tapi bukannya udang besar. Udang besar sih boleh aslinya. Tapi lebih kress atau renyah pakai udang kecil ketimbang udang besar.

Baca Juga : Resep Peyek Kacang Tanah Enak dan Renyah

Sebagai makanan  yang simple, selain udang bahan lainnya cenderung mudah untuk kita dapatkan. Dan harganya kalau kita itu beli juga relatif murah dan cocoklah kalau kita mungkin sedang kehabisan uang. Baiklah dari pada panjang lebar, berikut resep dan cara membuat peyek udang dan cara membuatnya khusus untuk kalian dimana rasanya enak dan renyah.

Resep Peyek Udang

Bahan utama:
  • 1/4 kg udang segar ukuran kecil, buang bagian kepalanya lalu cuci bersih
  • 1 butir telur ayam, pecahkan dan kocok lepas ( tidak pakai juga tak apa-apa )
  • 70 gram tepung kanji ( tapioka )
  • 70 gram tepung beras
  • Air bersih secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu yang perlu dihaluskan:
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • 2 butir kemiri
  • 1 ruas jari kencur
  • 1 sendok teh garam dapur
Cara membuat peyek udang enak dan renyah yakni:
  1. Langkah pertama, ambil satu buah wadah, mangkuk juga boleh. Kemudian masukkan tepung beras dan juga tepung tapioka. Aduk rata
  2. Kemudian tambahkan bumbu halus, lalu aduk rata kembali.
  3. Setelah itu masukkan telur yang sudah dikocok sebelumnya ke campuran tepung tadi. 
  4. Tuangkan air sedikit demi sedikit, sambil diaduk-aduk pakai sendok. Hentikan pemberian air jika adonan sudah pas ( tak terlalu encer dan tidak terlalu kental ). Masukkan udang dan aduk-aduk sampai merata.
  5. Kalau sudah begini, panaskan minyak. Setelah panas, ambil adonan udang pakai sendok. Lalu taruh di minyak panas dan rata ratakan pakai sendok. Lakukan berulang sampai ada beberapa peyek di wajan. Lakukan berulang sampai semua adonan habis.
  6. Untuk udang dalam satu peyek sesuai selera saja bisa 3, 4 buah dan lain-lain.
  7. Peyek udang yang digoreng bolak balik supaya tidak gosong.
  8. Goreng peyek nya sampai warnanya kuning keemasan dan matang.
  9. Peyek udang dengan rasa enak serta renyah saat digigit siap untuk dinikmati.
Demikianlah resep dan cara membuat peyek udang yang enak dan juga renyah. Jika sudah jadi kalian bisa langsung memakannya. Mau dimakan secara langsung atau bersama dengan nasi juga bisa. Tapi jika kalian ingin memakannya nanti atau mungkin lain kali, kalian bisa menyimpan peyek ini kedalam topless ataupun plastik. Yang terpenting itu dalam keadaan tertutup rapat. Terima kasih banyak sudah berkunjung, jangan lupa untuk membaca artikel resep lainnya di buletinresep ini. Selamat mencoba ya ..!